5 PENYEBAB MENGAPA UMKM SULIT BERKEMBANG

Anda adalah seorang wirausaha? Saat ini tentu merupakan masa yang cukup berat bagi para pengusaha, khususnya UMKM. Perkembangan zaman membawa kita pada kompetisi yang semakin ketat. Termasuk persaingan bisnis yang menuntut para pelaku bisnis untuk bisa bertahan dengan berbagai strategi.

Kadang Anda mungkin bertanya, kenapa ya bisnis saya gak berjalan lancar? Menurut Bapak Andy Juniarso sebagai SME Bussiness Consultant mengungkapkan terdapat 5 Penyebab Mengapa UMKM Sulit Berkembang. Penasaran? Yuk, kita simak!

1. Kapasitas manajemen dan Sumber Daya Manusia (SDM) rendah

Penyebab pertama terkait dengan kapasitas manajemen dan SDM Anda harus dapat mengelola usaha dengan baik. Apa saja faktor yang berpengaruh dalam kapasitas manajemen dan SDM? Terdapat 5 faktor, yaitu:

  • Marketing skill dan pengetahuan
  • Kamampuan dasar produksi
  • Pengetahuan keuangan
  • Pengetahuan tentang pengembangan SDM, kepemimpinan, dan motivasi
  • Manajemen strategi dalam menghadapi persaingan dan pengembangan diri

Kelima faktor di atas harus dimiliki oleh Anda sebagai pelaku usaha. Apabila kelima hal ini tidak berjalan lancar, maka jelas bahwa kapasitas manajemen dan SDM yang Anda miliki rendah.

2. Perencanaan bisnis dan anggaran tidak dibuat

Penyebab kedua terkait dengan perencanaan bisnis dan anggaran. Apabila Anda ingin menjalankan usaha, tentu harus memiliki perencanaan yang jelas. Hal ini terkait dengan besarnya modal, investasi, produksi, dan juga perolehan laba. Semua harus direncanakan terlebih dahulu. Perencanaan ini sangat penting dibuat untuk menghindari kerugian. Tidak hanya itu, bahkan untuk bisa memperoleh investor Anda harus memiliki perencanaan bisnis dan anggaran yang baik, menarik, dan akurat. Apabila Anda tidak memiliki perencanaan yang baik, jelas bahwa usaha yang Anda miliki akan sulit berkembang. Apakah selama ini Anda sudah memiliki perencanaan bisnis dan anggaran?

3. Dana investasi dan kredit sulit

Dalam memulai usaha tentu membutuhkan modal. Begitu pula dengan UMKM. Apabila tidak memiliki dana investasi, maka usaha akan sulit berjalan. Dana investasi kecil dan kredit sulit tentu menjadi salah satu penyebab UMKM sulit berkembang. Beberapa hal yang membuat dana investasi kecil dan kredit sulit adalah proposal yang Anda susun tidak menarik, tidak membuka peluang kerja sama dengan pihak lain, dan tidak memiliki prospek investor. Beberapa hal tersebut membuat Anda sulit memperoleh modal tambahan untuk mengembangkan UMKM. Termasuk dalam membuat perencanaan bisnis. Investor tertarik tidak hanya kepada ide bisnis yang unik, tetapi juga perencanaan yang Anda miliki. Apakah Anda masih belum memperoleh dana investasi?

4. Kemampuan teknologi rendah

Teknologi saat ini berkembang pesat. Hal ini jelas mempengaruhi berbagai hal, termasuk bagi para pelaku usaha. Perkembangan teknologi, internet dan sistem pengelolaan usaha sudah semakin modern sehingga banyak orang memakainya. Penggunaan sosial media semakin meluas, sehingga banyak pelaku usaha yang melakukan digital marketing. Apabila pelaku usaha tidak memiliki kemampuan dalam bidang teknologi/ IT tentu bisa berdampak negatif. Seseorang harus mengembangkan  kemampuan dalam bidang IT untuk bisa mengembangkan usahanya. Banyak hal dapat dilakukan berbasis teknologi, termasuk memperluas jaringan, meningkatkan pemasaran, hingga mengembangkan usaha. Apakah Anda sudah mulai memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan usaha Anda?

5. Strategi manajemen tidak ada

Pelaku usaha tentu harus memiliki strategi manajemen. Strategi ini diperlukan agar dapat meningkatkan kinerja. Strategi manajemen yang dimaksud mencakup strategi jangka pendek maupun jangka panjang. Apabila Anda tidak memiliki strategi, maka kinerja tidak beraturan. Bahkan tidak adanya strategi manajemen dapat melemahkan kontrol manajemen. Hal ini dapat mengakibatkan ‘kegagalan usaha’. Dalam strategi manajemen juga dibutuhkan inovasi dan improvement. Kedua hal ini harus dimiliki Anda sebagai pelaku usaha. Keterbukaan terhadap hal baru akan mempermudah Anda untuk bisa membangun kinerja yang produktif dan efektif. Sehingga mulai sekarang Anda harus mulai menyusun strategi dan perencanaan dalam menjalankan bisnis yang Anda miliki.

Apakah bisnis Anda masih sulit berkembang? Atau Anda bisnis Anda masih sering mengalami kerugian? Kelima penyebab di atas jelas harus dihindari, terutama bagi Anda pelaku bisnis UMKM. Tantangan bukanlah halangan. Iklim persaingan semakin ketat, sudah saatnya Anda menunjukkan kemampuan dan kapasitas yang Anda miliki. Anda juga harus terus mengembangkan kemampuan untuk menjalankan bisnis yang Anda miliki. Tidak hanya itu, walaupun persaingan ketat tetapi kemajuan zaman dapat menjadi peluang untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki. Siapkah Anda menjadi pebisnis yang mampu bersaing di pasar nasional, bahkan internasional? Kapan dimulai? Mulailah sekarang bersama http://www.excelloka.com

#umkmjugabisa

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *