6 Hal Penting dalam Membangun Brand untuk Usaha Kamu

Banyak wirausahawan yang membuat kesalahan fatal karena menyepelekan Brand. Banyak orang bilang kalau brand dianggap hanya cocok untuk perusahaan besar karena membutuhkan budget promosi besar dan hanya untuk yang memiliki cakupan yang luas. Brand cuma dianggap untuk santapan ikan besar di dalam kolam. Menyerah karena menganggap diri mereka sebagai ikan kecil di kolam, wirausahawan akhirnya cuma melakukan aktivitas seperti membuat logo yang lucu atau kartu nama yang menarik saja.

Padahal, membangun brand adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan oleh semua jenis bisnis, lho. Membangun brand itu penting banget baik buat bisnis kecil atau besar, membuat produk ataupun menyediakan jasa, bisnis cakupan nasional ataupun hanya di satu daerah tertentu ; karena membangun brand justru akan meningkatkan nilai dari bisnis, dan pada akhirnya mempermudah untuk mendapatkan pelanggan baru.

Brand adalah hal yang membuat kamu berbeda di dalam kompetisi.

Lalu gimana ya strategi untuk bisa membangun brand yang baik? Yuk, tanyakan 6 hal ini kalau kamu ingin membangun brand yang baik untuk usaha kamu.

1. Mengapa kamu ingin membangun usaha ini?

Dibutuhkan alasan mengapa kamu ingin memulai usaha yang sedang kamu rintis. Sebagian orang ingin mendapatkan uang yang lebih, tetapi ternyata uang gak selalu menjadi alasan dalam membangun bisnis, lho. Ada orang yang ingin membangun bisnis untuk menjadi lebih terkenal (walaupun mungkin tidak mendapatkan uang yang banyak) ; atau ada yang ingin membantu sesama ; atau mungkin untuk hal lain?

2. Apa impian kamu?

Semua orang pasti memiliki impian. Sejak kecil kita sudah memiliki impian/cita-cita. Sebagai wirausahawan, kamu tentu memiliki impian tentang usaha kamu kan? Misalnya, kamu punya produk snack dari singkong, dan impian kamu adalah ingin memberdayakan petani melalui produk snack singkong ini. Impian adalah visi dari usaha kamu.

3. Siapa pesaing kamu dan apa kelebihannya?

Semua bisnis pasti memiliki pesaing dan memahami pesaing adalah aktivitas yang paling penting dalam bisnis. Memahami pesaing bukan hanya sekedar untuk mengalahkan mereka tapi untuk lebih mengerti gambaran persaingan dalam peta bisnis kamu . Dalam contoh produk snack dari singkong di atas misalnya, kamu perlu mengetahui siapa pemain lokal dan nasional serta kelebihan dari masing-masing. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk ini misalnya adalah SWOT Analysis (Strength Weakness Opportunities Thread).

4. Di bidang apa kamu bergerak?

Pertanyaan ini penting untuk mendefinisikan kamu ada di bisnis apa. Misalnya ada sebuah produk kerajinan tangan yang dibuat oleh penyandang disabilitas. Produk dari usaha ini memang kerajinan tangan tapi sebenarnya produk ini hanya merupakan alat atau cara yang digunakan untuk mengejar bisnis utama, yaitu membantu penyandang disabilitas untuk bisa berguna dan bermanfaat bagi sesama. Jadi kamu jangan terjebak hanya di produk atau jasa yang dihasilkan, tapi harus fokus kepada bisnis yang sesungguhnya yaitu apa yang mau diciptakan dalam proses membangun brand ini.

5. Siapa pelanggan kamu?

Banyak yang beranggapan bahwa semakin besar/luas marketnya, maka akan semakin mudah menjualnya. Ini adalah pendapat yang salah, karena sebenarnya semakin kecil/spesifik marketnya, semakin mudah kita menjual. Misalnya contoh snack dari singkong tadi, siapa pelanggan kamu? Misalnya kamu ingin menyasar anak muda, maka perlu lebih spesifik lagi apakah wanita atau pria ; tinggal di kota atau desa ; berapa penghasilan mereka ; apakah mereka penyuka aktifitas outdoor atau tidak. Semakin spesifik market, akan semakin mudah kamu membangun brand nantinya.

6. Mengapa orang harus membeli produk kamu?

Ini pertanyaan yang harus kamu jawab. Misalnya sebuah kedai kopi yang terkenal dari Amerika, mungkin saja rasa kopi-nya tidak seenak kedai kopi lokal, namun yang membuat orang suka pergi ke sana adalah karena suasananya. Kedai ini dianggap adalah tempat yang enak untuk berkumpul dan bekerja, atau bahkan ada yang suka ke sana karena beranggapan bisa meningkatkan status sosial ; walaupun kopinya tidak seenak kedai kopi lain.

Setelah kamu menjawab 6 pertanyaan di atas, berarti sekarang kamu sudah memiliki dasar untuk bisa membuat strategi membangun brand yang baik.

Mau tahu lebih banyak tentang cara membangun brand untuk usaha kamu? Belajar langsung dari Arto Soebiantoro (Founder Gambaran Brand, Spesialis Brand Lokal, dan Mentor Big Circle Metro TV) di Loka 3 “Membangun Brand” Sabtu, 24 Maret 2018 (10.00 – 13.00) di Backspace Lippo Mall Puri, Jakarta.

Daftar sekarang (GRATIS) di www.excelloka.com/loka-3


Narasumber: Arto Soebiantoro (excellunch #31 – 22 Maret 2018)
Gambar: yourstory.com, mycity-web.com